Bandung, 15/07/2014


Organisasi  Internasional untuk Standarisasi (International Organization Standardization) atau lebih dikenal dengan singkatan ISO adalah Badan Penetap Standar Internasional yang terdiri dari wakil –wakil dari Badan Standarisasi Internasional setiap negara. Pada awalnya , dari nama lembaga tersebut disingkat IOS, bukan ISO. Akan tetapi sekarang lebih dikenal memakai singkatan ISO, karena dalam Bahasa Yunani Isos berarti sama (equal). Untuk saat ini negara yang menjadi anggota ISO mencapai 164 (seratus enam puluh empat) negara dari 206 (dua ratus enam) negara di dunia.
Menurut fungsinya, ISO memiliki 4 (empat) fungsi yaitu : (1).  Untuk Meningkatkan kinerja perusahaan atau instansi, (2). Meningkatkan efisiensi, (3). Memperbaiki Manajemen, (4). Meningkatkan kepercayaan konsumen atau mitra kerja kepada perusahaan.
Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Jawa Barat yang telah meraih ISO 9001:2008 yang diterima dari PT. Indah Karya Register Certification Services (IKRCS) akan memasuki masa re-sertifikasi ISO 9001:2008. Re-sertifikasi atau sertifikasi ulang yang dilakukan secara periodik 4 (empat) tahun sekali, merupakan prosedur untuk mengevaluasi kelayakan penerapan ISO 9001:2008.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan pemahaman semangat kerja, Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Jawa Barat mengadakan Bimbingan Teknis tentang ISO 9001:2008 yang diikuti oleh Widaiswara, Pejabat Sturuktural dan Perwakilan dari setiap bidang.
ISO 9001:2008 diperbaharui 4 (tahun) sekali, tetapi setiap tahun dilakukan pemantauan ISO 9001:2008 apakah diterapkan secara konsisten dan konsekuen atau hanya selembar kertas. Dari sisi visual, Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Jawa Barat telah memenuhi persyaratan untuk mempertahankan ISO 9001:2008 paparan yang disampaikan Ir. Koeswidijono, MSc. sebagai narasumber.
“Bukti dari penerapan yang baik adalah sekarang untuk Peserta Diklat berasal dari seluruh Indonesia, bahkan kabupaten dan kota meminta untuk dikirim kesini, itu indikator bahwa out put nya bermanfaat untuk tempat kerjanya” pungkas  Ir. Koeswidijono, MSc.

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter