Kepala Bidang Diklat Teknis Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat, Drs. Denny Ernawan melepas secara langsung peserta yang telah mengikuti Diklat Teknis Pengelolaan Barang Daerah Angkatan I Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kamis (12/05) di Aula Kampus I Badiklatda.

Dalam sambutannya Denny menyatakan bahwa barang dan aset milik daerah merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka menjamin terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan barang milik daerah diperlukan adanya kesamaan persepsi dan langkah secara integral dan menyeluruh dari unsur-unsur yang terkait dalam pengelolaan barang milik daerah sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Untuk itu lanjut Denny, pengelolaan barang harus memperhatikan asas-asas yang tertuang dalam aturan yang berlaku seperti; asas fungsional, asas kepastian hukum, asas transparansi, asas erfisiensi, asas akuntabilitas, dan asas kepastian nilai. Begitu pula dengan pengamanan hukum atas barang milik daerah.

Diakhir sambutan Denny berharap, para alumni diklat ini mampu memberikan output berupa peningkatan kualitas tata kelola barang dan aset daerah pada masing-masing OPD dan unit kerja dengan tujuan peningkatan kualitas kinerja manajemen pengelolaan barang dan aset daerah. Dirinya meyakini bahwa saat ini tidak hanya pengawasan terhadap proses pengadaan barang dan jasa saja ketat, tetapi masalah pengelolaan barang dan aset daerah juga memiliki prosedur baku dan hanya dilakukan oleh pelaku pengelola yang memiliki kompetensi dan kualifikasi tertentu.

Sementara itu Sekretaris Penyelenggara Diklat Teknis Pengelolaan Barang Daerah Angkatan I Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Herman Akhdiyat, SE., MM melaporkan sebanyak 30 peserta yang berasal dari OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat meninggalkan 1 peserta yang dinyatakan gugur (dinyatakan tidak lulus) dalam  mengikuti diklat ini, hal ini disebabkan yang bersangkutan tidak mengikuti ujian dan Observasi Lapangan (OL) ke Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur yang diselenggarakan pada tanggal 09 s.d. 11 Mei 2016.

Namun demikian Herman menyatakan,  secara keseluruhan diklat pengelolaan barang daerah berjalan dengan lancar, seluruh peserta menerima materi dari para pengajar sesuai yang diprogramkan serta keaktifan para peserta dalam proses pembelajaran di kelas maupun di lapangan (OL).

Berikut daftar 5 besar peserta yang telah mengikuti Diklat Pengelolaan Barang Daerah Angkatan I Tahun 2016 :

NONAMA                NILAIINSTANSI

1.Aam Ruhamiah84         BPMPD

2.Nuraeni S                84       Bapusipda

3.Susilawati                84         BKPM

4.Hendi Mulyana         80      Bappeda

5.Awit Guswita        80       Diskanla

 

*Hendra Setiawan

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter