Berbicara tentang kemampuan aparatur melalui reformasi birokrasi pada hakekatnya adalah berbicara tentang kualitas sumber daya aparatur, hal tersebut karena sumber daya aparatur merupakan mesinnya birokrasi. Baik buruknya birokrasi akan sangat dipengaruhi oleh baik buruknya kualitas aparatur yang menjalankannya. Oleh karena itu sebagai konsekwensinya, upaya reformasi birokrasi tidak dapat dilepaskan dari upaya mereformasi kualitas aparaturnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Herri Hudaya pada Upacara Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tk. III (Diklat Pim III) Angkatan III Tahun 2016 di Kampus I Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Selasa (14/05). Herri menambahkan, pengembangan sumber daya aparatur bukan lagi menjadi suatu hal yang boleh ditunda-tunda lagi. Dalam membentuk sosok aparatur khususnya sosok pejabat struktural, penyelenggaraan diklatpim tingkat III  tidak cukup membekali siswa diklat dengan kompetensi yang dibutuhkan, akan tetapi memungkinkan siswa dituntut untuk menunjukan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerjanya, memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan. dengan demikian, pembaharuan diklat kepemimpinan tingkat III  ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi mampu menunjukan kinerjanya dalam memimpin perubahan.

Sementara itu Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan dan Fungsional Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Drs. Budi Hermawan, M.Si memaparkan, tujuan penyelenggaraan diklat kepemimpinan tingkat III adalah membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing. Adapun sasaran diklat kepemimpinan tingkat III lanjut Budi, adalah terwujudnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural esselon III.

Diklat Pim III Angkatan III Tahun 2016 akan diselenggarakan selama 93 hari (28 hari on campus dan 65 hari off campus) yang dimulai pada tanggal 13 Juni s.d 07 Oktober 2016 yang bertempat di Kampus I Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Diklat ini akan diikuti oleh 26 siswa yang berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Barat, diantaranya :

 

NOKABUPATEN/KOTA                         JUMLAH

1.KOTA BOGOR                                6 ORANG

2.KABUPATEN BOGOR                4 ORANG

3.KOTA SUKABUMI                        4 ORANG

4.KOTA BEKASI                                1 ORANG

5.KABUPATEN CIREBON                4 ORANG

6.KOTA BANJAR                                1 ORANG

7.KABUPATEN SUMEDANG                8 ORANG

8.KABUPATEN BANDUNG BARAT2 ORANG

9.KOTA CIREBON                        1 ORANG

J U M L A H26 ORANG

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter