Sejumlah 60 peserta yang berasal dari Kementerian, Pemerintah Provinsi, dan pemerintah kabupaten/Kota se-Indonesia mengikuti Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II (Diklat Pim II) Angkatan IX di Aula Kampus I Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklatda) Provinsi Jawa Barat, Selasa (26/07).

Deputi Bidang Diklat Aparatur Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Dr. Muhammad Idris, M.Si membuka secara langsung diklat tersebut sekaligus memaparkan, setelah menerapkan pola baru, terkadang ada saja peserta yang dinyatakan tidak lulus dan atau ditangguhkan kelulusannya. Bukan maksud untuk menakut-nakuti, Idris berharap dengan adanya informasi tersebut diharapkan seluruh peserta mengikuti diklat Pim II ini dengan keseriusan serta menjadikan diklat sebagai tranformasi ilmu, pengalaman dalam mengelola manajerial proyek perubahan yang tentunya akan diterapkan di OPD/Lembaganya masing-masing setelah mengikuti Diklat Pim II ini.

Sementara itu Kepala Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Herri Hudaya berkeyakinan bahwa dengan mengikuti Diklat Pim II yang akan berlangsung kurang lebih 16 minggu dapat memberikan bekal pengetahuan yang cukup serta kesempatan membangun jejaring dengan berbagai instansi. Herri menambahkan, pengembangan kompetensi kepemimpinan menjadi penting lakukan untuk membentuk pemimpin sektor publik yang mampu menginiasi dan mengelola perubahan yang tentunya tidak saja perubahan pada aspek kognisi, afeksi namun pada psikomotorik juga.

Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan dan Fungsional, Drs. Budi Hermawan, M.Si pada kesempatan yang sama memaparkan, penyelenggaraan Diklat Pim II bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural Esselon II yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing. Budi menambahkan, kegiatan Diklat Pim II disusun menjadi 5 tahap pembelajaran, diantaranya :

1.Tahap diagnosa kebutuhan organisasi

2.Tahap taking ownership (breakthrought I)/ Komitmen bersama.

3.Tahap merancang perubahan, membangun tim

4.Tahap laboratorium kepemimpinan (breakthrought II)

5.Tahap evaluasi progres implementasi proyek perubahan

 

**Hendra Setiawan

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter