BANDUNG – Pada Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2014 dengan tema “Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1435 H”, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memimpin langsung apel gelar pasukan pada Senin (21/7) di Lapangan Gasibu, Bandung.

Dalam keterangannya kepada wartawan usai apel, Gubernur mengatakan bahwa sampai saat ini kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Barat tetap terjaga, walaupun penduduknya banyak. “Jawa Barat mah terkenal aman. Alhamdulillah kita dikarunia penduduk yang banyak, tapi balalageur (baik-baik)”, ujar Gubernur.

Kondusifnya keamanan dan ketertiban masyarakat dengan indicator setiap kali Pemilu (Pemilukada, Pileg, dan Pilpres) selalu berjalan lancar dan tidak ada masalah. Namun, menurut Gubernur kewaspadaan harus tetap dijaga, karena menurut teori keamanan untuk deteksi dini gangguan keamanan tetap harus ada persiapan dan siaga.

Selain itu, kondisi dan pendekatan keamanan di Jawa Barat selalu diantisipasi satu tahap di atas prediksi. Kondisi yang diprediksi tidak ada gangguan diantisipasi dengan kekuatan dan pengamanan ringan. Apabila kondisi diprediksi ada gangguan ringan diantisipasi dengan kekuatan menengah. Namun, apabila diprediksi ada gangguan menengah akan diprediksi dengan pengamanan berat.

Untuk itu, secara keseluruhan Jawa Barat dalam kondisi siap dalam menghadapi Idul Fitri dan arus mudik. Mulai dari ketersediaan pangan dan kondisi infrastruktur jalan yang siap digunakan untuk arus mudik. Sementara puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada akhir pecan ini.

Pada apel yang diikuti pasukan Polri, TNI, personil instansi terkait dan swasta, Kepala Polisi Republik Indonesia dalam amanat yang disampaikan Gubernur menyatakan bahwa dengan 137.795 personil yang ditengah-tengah masyarakat, yang terdiri dari 86.243 personil Polri dan 51.552 personil instansi terkait lainnya diharapkan akan tercipta kondisi keamanan dan ketertiban yang mantap. Hal ini ditandai dengan menurunnya angka kriminalitas, berkurangnya tingkat kecelakaan lalu lintas dan korban meninggal dunia, serta titik kemacetan dan lancarnya lalu lintas. Sementara di Jawa Barat, telah siap 20.944 pasukan Polri yang akan disebar ke titik pengamanan di Jawa Barat.

Untuk itu, Polri dan seluruh instansi terkait harus benar-benar siap dalam segi kekuatan personil untuk Operasi Ketupat Lodaya 2014 ini, agar keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Sumber : http://www.jabarprov.go.id

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter