BANDUNG - Sebanyak 100 orang anggota baru DPRD Jabar periode 2014-2019 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Marni Emmy Mustafa, Senin (1/9) di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika Kota Bandung. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Jabar yang dipimpin oleh Ketua DPRD Jabar Periode 2009-2014.

Pelaksanaan pengambilan sumpah dan janji diawali pidato sambutan Ketua DPRD Prov. Jabar, Irvan Suryanagara yang menceritakan perjalanan kinerja anggora DPRD Prov. jabar sejak awal bekerja hingga berakhir pada Senin (1/9). DPRD Jabar periode 2009-2014 adalah DPRD yang terproduktif se-Indonesia, aku Irvan.

"Dengan puluhan Perda yang dihasilkan baik atas usulan eksekutif maupun DPRD sendiri, penyelesaian berbagai permasalahan tepat waktu, maka DPRD Jabar dinilai menjadi DPRD terproduktif se Indonesia" ujarnya, sambil disambut tepuk tangan para anggota dewan baru dan lama.

Kemudian dilanjutnya pembacaan Keputusan Mendagri tentang pemberhentian anggota dewan periode 2019-2014 dan keputusan Mendagri tentang pengangkatan anggota dewan periode 2014-2019 yang dibacakan oleh Sekertaris Dewan.

Usai pembacaan keputusan Mendagri dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji anggota, oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Marni Emmy Mustafa. Mengakhir prosesi pelantikan, ditanda tangani berita acara pelantikan secara simbolis oleh dua anggota dewan terpilih.

Sidang paripurna istimewa dilanjutkan dengan serahterima pimpinan DPRD Jabar sementara, yaitu dengan menyerahkan "palu sidang" dari Ketua lama Irvan Suryanagara, kepada Ketua DPRD sementara Gatot Cahyono, MM dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Untuk selanjutnya yang memimpin sidang paripurna adalah Ketua DPRD Jabar sementara, Ir. Gatot Cahyono, MM.

Agenda sidang paripurna dengan pimpinan yang baru adalah mendengarkan pidato sambutan Mendagri RI yang dibacakan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Usai sambutan Mendagri RI, acara sidang paripurna ditutup dengan do"a oleh Kepala Kanwil Depag Prov. Jabar.

Menutup keseluruhan kegiatan pelantikan anggota dewan yang baru itu, dilaksanakan pemberian ucapan selamat oleh Gubernur Jabar, Wakil gubernur, Sekda Prov. Jabar, sesepuh Jabar, antara lain R.Nuriana, danny Setiawan, Lukman Abdul Hakim, dan para pimpinan OPD Prov. Jabar.

Sementara itu sebelumnya, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat dalam sambutannya mengatakan, bahwa pelaksanaan Pemilu di Jawa Barat baik untuk Pileg maupun Pilpres telah berjalan dengan baik, jujur dan adil sebagai pelaksanaan demokrasi. "Dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, maka pelaksanaan Pemilu di Jabar ini, termasuk kelas "dunia", bangganya. 

"Kepada anggota dewan terpilih yang sebagaian besar adalah wajah baru, saya ucapkan selamat dan mari kita tinjukan kinerjanya sesuai aspirasi masyarakat Jawa Barat, demikian Yayat Hidayat. ( Sumber : http://www.jabarprov.go.id ) 

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter