JAKARTA - Pada peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2014, Jawa Barat kembali meraih Penghargaan Adiupaya Puritama sebagai Provinsi Pembina Pemerintahan Kabupaten/Kota Terbaik Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman. 

Penghargaan ini diberikan oleh Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat Rildo Ananda Anwar kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Malam Resepsi Hapernas di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis malam (25/9).
 
Penghargaan ini merupakan yang keenamkalinya diraih Jawa Barat. Gubernur mengatakan penghargaan ini memilki makna bahwa apa yang telah dilakukan mendapat apresiasi dan diharapkan menjadi pemicu untuk terus berprestasi. “Maknanya apa yang kita kerjakan dinilai pihak lain. Mudah-mudahan penghargaan ini memicu kita untuk terus berprestasi”, ungkap Gubernur kepad wartawan usai acara.
 
Gubernur pun menambahkan dengan penduduk Jawa Barat yang banyak, rebutan lahan untuk perumahan dan lahan pangan memang sering terjadi. Namun, pihaknya terus berupaya untuk menjaga keseimbangan agar kebutuhan perumahan tetap terpenuhi dan lahan untk pertanian pun tetap ada. Gubernur juga mengatakan bahwa pihaknya terus meminta para pengembang untuk terus menyediakan perumahan yang murah dan terjangkau namun layak huni.
 
Pada tahun  ini, tiga wilayah di Jawa Barat, yaitu: Kabupaten Bandung meraih Penghargaan untuk Kategori Kabupaten, Kota Cirebon meraih Kategori Kota Menengah/Kecil, dan Kota Bandung meraih Penghargaan Kategori Kota Metropolitan/Besar.
 
Dalam urusan perumahan dan permukiman, Kabupaten Bandung telah memiliki visi "Permukiman Kabupaten Bandung yang Layak, Tertata, dan Berkelanjutan Tahun 2015", melalui "Sabilulungan RAKSA Desa", yaitu: Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pembanhunan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat, Realisasi Pembangunan Hunian Berimbang, Pembangunan Rusunawa (Kasiba Jatisari) 1 Twin Blok (PU) Jatisari tahun 2014, Pembangunan Perumahan Skala Besar (Kasiba/ Lisiba Jatisari), dan Gerakan keterpaduan program dan Pembiayaan PKP untuk MBR melalui Kegiatan PLPBK.
 
Sementara Kota Cirebon telah melaksanakan berbagai upaya yaitu, melalui: Perumahan Formal Bersubsidi, Bantuan Stimulan Perbaikan Rumah, Bantuan Pemasangan Sambungan Instalasi Gas dan Air Minum Bagi MBR, Pengelolaan Bank Sampah/Sampah Tuntas Tingkat RW, Pengelolaan Limbah Kawasan Perkotaan, Pengelolaan Limbah Kawasan Permukiman Kumuh (Sanimas), serta upaya kemunculan Tanaj Timbul yang tidak digunakan untuk permukiman kumuh.
 
Dan dihari jadinya pada 25 September 2014, Kota Bandung mendapatkan penghargaan ini sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-204. Program Perumahan dan Permukiman di Kota Kembang ini, antara lain: Program Jangka Pendek melalui perbaikan Rutilahu di beberapa lokasi kelurahan di Kota Bandung, Program Jangka Menengah melalui penataan kawasan padat; penataan PSU Permukiman Padat dan peningkatan infrastruktur permukiman, serta Program Jangka Panjang melalui revitalisasi kawasan "Membangun Tanpa Menggusur"; pembangunan Apartemen Rakyat; Kawasan Baru Gedebage "Bandung Technopolis".
 
Hapernas diperingati tiap tanggal 25 Agustus, dengan tema tahun ini yaitu: "Membangun Rumah, Membangun Bangsa". Dan Adiupaya Puritama adalah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang berjasa dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman untuk pemenuhan kebutuhan rumah atau tempat tinggal yang layak bagi masyaralat terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Penghargaan ini diberikan pada 3 kategori, yaitu: Tokoh yang berjasa dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang tahun ini diberikan kepada Mohammad Hatta (Bapak Perumahan Nasional)-yang diwakili oleh putrinya Meutia Hatta, serta tokoh perumahan Johan Silas yang telah mengembangkan Kampung Improvement Program (KIP). Kategori lainnya, yaitu: Kategori Kabupaten, Kota Menengah/Kecil, Kota Metropolitan/Besar, dan Kategori Provinsi. Selain Bandung & Cirebon, Kabupaten Malang, Kota Palu, Kota Jambi, dan Kota Administrasi Jakarta Timur meraih penghargaan yang sama tahun ini.
 
Selain itu, malam resepsi ini dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Perwakilan Kepala Daerah Penerima Penghargaan, serta sesepuhan atau tokoh perumahan nasional lainnya. Dan dimeriahkan oleh hiburan tarian tradisional serta penampilan dari trio B3 dan paduan suara dari Kementerian Perumahan Rakyat. Sumber : ( http://www.jabarprov.go.id )

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter