CIMAHI-Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Air Tawar dan Pusat Kesehatan Hewan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi mengembangkan budidaya Ikan Lele Sangkuriang. Jenis ikan air tawar ini dikembangkan karena dinilai cukup menguntungkan.

“Harga jualnya cukup bagus, sekarang mencapai Rp 20.000 per kilogram,” kata Kusnadi, Penanggungjawab Kolam Sangkal Ikan Lele UPT Balai Benih Ikan Air Tawar dan Pusat Kesehatan Hewan Diskopindagtan Kota Cimahi di Balai Benih Ikan Air Tawar Kota Cimahi, Kompleks Nata Endah RT 02 RW 02 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Senin (29/9).

Kusnadi menjelaskan, budidaya Ikan Lele Sangkuriang memang sekarang kian digemari oleh masyarakat. Di Kota Cimahi sendiri ada dua sentra budidaya Ikan Lele Sangkuriang, yaitu di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah dengan di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara.

Menurut Kusnadi budidaya Ikan Lele Sangkuriang cukup mudah. Sekarang masyarakat membudidayakan Ikan Lele Sangkuriang dengan menggunakan kolam terpal. Soalnya, modal yang diperlukan tidak sebanyak modal yang diperlukan untuk membuat kolam tanah atau membeli kolam fiber.

Harga kolam terbuat dari terpal ukuran dua meter kali satu meter dengan tinggi satu meter harganya hanya Rp 300.000, sedangkan harga kolam terbuat dari fiber dengan ukuran yang sama harganya bisa mencapai Rp 3 juta.

Masyarakat yang ingin mempelajari dan mempraktekkan budidaya Ikan Lele Sangkuriang, menurut Kusnadi, bisa datang langsung, mengunjungi Balai Benih Ikan Air Tawar Kota Cimahi di Kompleks Nata Endah, Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Lokasi tersebut mudah dijumpai, yaitu tak jauh dari SDN Cibabat Mandiri I.

“Tapi, kalau ingin membeli ikan lele untuk budidaya pembesaran atau pembibitan, harus ke sentra budidaya Ikan Lele Sangkuriang yang dilakukan oleh masyarakat, yaitu di Kelurahan Baros dan Kelurahan Cipageran,” katanya. (enal) Sumber: ( http://www.jabarprov.go.id )

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter