JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih Anugerah Produk Pertanian Berdaya Saing dari Kementerian Pertanian RI. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerima langsung penghargaan ini dari Menteri Pertanian Suswono pada Jumat siang (10/10) di Kantor Kementerian Pertanian Jl. Harsono R M No. 3, Jakarta Selatan.

Tahun ini Jawa Barat mendapatkan penghargaan produk pertanian unggulan terbanyak, yaitu lima kategori dari 14 kategori yang ada. Selain itu, ada pula dua grand award untuk produk olahan pertanian berdaya saing. Penghargaan ini diberikan dalam gelaran acara Kemilau Daya Saing Produk Pertanian dalam rangka bulan mutu pertanian 2014-yang mengambil tema “Standardisasi Mutu Produk Pertanian Memenangkan Pasar Bebas Asean”.

Gubernur menuturkan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi dalam pengendalian mutu dan keamanan pangan yang telah dilakukan Jawa Barat. Selain itu, hingga saat ini Jawa Barat terus melakukan standardisasi pangan, melalui pengawasan dari zat-zat berbahaya serta terus memberikan perhatian berupa promosi produk-produk pertanian yang dihasilkan pengusaha.

“Tentu saja ini mengingatkan kita, mendorong kita untuk membangun sebuah gerakan ke depan yaitu gerakan bagaimana membuat pangan kita tetap bermutu dan aman. Aman dari marabahaya penyakit yang sering kali dibawa oleh pangan karena tidak bersih, karena pestisida, karena mengandung zat-zat aktif yang membahayakan tubuh kita”, ungkap Gubernur usai acara.

Anugerah produk pertanian berdaya saing merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Pertanian yang diberikan kepada produk pertanian yang memiliki daya saing dan mampu bersaing di pasar domestik maupun internasional.

Pada tahun ini Jawa Barat mendapat penghargaan sebagai provinsi dengan produk pertanian unggulan berdaya saing terbanyak, dengan meraih 5 kategori produk olahan pertanian dari 14 kategori yang ada.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Badan Standardisasi Nasional, Kepala Badan POM, serta Gubernur Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Lampung, serta perwakilan Gubernur DIY, dan Jawa Timur, serta Kepala Dinas Provinsi Lingkup Pertanian.

Digelar pula pasar tani serta pameran produk-produk pertanian dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia termasuk Jawa Barat. Pada pameran ini stand Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangannya menghadirkan berbagai jenis produk unggulan pertanian diantaranya: berbagai jenis produk sayuran organik, buah-buahan, beras organik, serta kebutuhan pangan lainnya. Serta ada pula stand dari Asosiasi Pengolah Hasil Holtikultura (Aspehorti) Jawa Barat yang menghadirkan berbagai macam kemasan untuk produk-produk pertanian. Sumber : ( http://www.jabarprov.go.id )

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter