BANDUNG-Gubernur Jabar Ahmad Heryawan hadiri dalam acara "Angklung Beraksi" yang diselenggarakan dalam rangka Peringatan "Angklung Day", Minggu (16/11), bertempat di Halaman Gedung Sate Bandung.

Kurang lebih 1000 siswa/siswa dari Tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dari Kota Bandung  ikuti acara 'Angklung Beraksi". Dihadapan Gubernur Heryawan, para siswa/siswi pelajar memainkan enam buah lagu dengan menggunakan angklung. Satu buah lagu diantaranya dipimpin oleh gubernur sebagai dirigennya.

Acara yang digagas oleh Kebumi-UPI itu, tampaknya untuk tahun ini adalah yang keduakalinya dan lebih semarak. Selain pertunjukkan angklung bersama, juga diselenggarakan lomba menggambar untuk tingkat usia 7-13 tahun. Ada pula special performance, yaitu dari kelompok "Angklung Buhun Gubrag" dari Kabupaten Bogor.

Gubernur Ahmad Heryawan dalam sambutan sebelum pertunjukkan angklung bersama mengungkapkan, bahwa sejak UNESCO menetapkan Angklung sebagai karya agung, maka angklung menjadi warisan dunia. Oleh karena itu, kita harus terus membudayakan angklung.

Gubernur sebut, para siswa/siswi yang hadir di tempat ini adalah para siswa sebagai pewaris angklung dunia. "Siapkah kalian menjadi pewaris angklung, maka dijawab oleh para siswa "siaaaap".

Untuk mengimplementasikan angklung sebagai warisan dunia dan para siswa menyatakan kesiapan untuk mewarisi angklung, maka Gubernur berencana membuat surat edaran kepada para sekolah untuk seluruh tingkatan, agar disetiap sekolahnya dibentuk Tim Kesenian Angklung.  

Menurut Gubernur, karena angklung sudah menjadi warisan dunia, maka angklung bukan lagi milik Jawa Barat atau milik Indonesia, tetapi angklung telah menjadi milik dunia. Oleh karenanya, lanjut Gubernur, kita berharap angklung dimainkan di seluruh dunia.

Pada kesempatan pertunjukkan angklung bersama ini, hadir pula Sekda Prov. Jabar, Wawan Ridwan, Kadisparbud, Nunung Sobari, dan Wakil Rektor UPI. Sumber ( http://www.jabarprov.go.id )

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter