PANGALENGAN - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) membuka lembar 2015 dengan rangkaian kunjungan kerja (kunker) lapangan. Kunker atau kukurusukan di wilayah Jabar bagian Selatan ini dijadwalkan tiga hari, dimulai Jumat (2/1).

Pada awal Desember lalu, Aher juga melakukan kunker ke Jabar bagian Selatan. Diharap, rangkaian kunjungan lapangan awal tahun ini mempertajam hasil kukurusan lalu, agar sejumlah program pemerintah provinsi berjalan efektif dan lancar, untuk percepatan perkembangan wilayah tersebut.

"Kunjungan lapangan hari ini sebagai kelanjutan kegiatan kemarin (Desember 2014). Kita ingin mengetahui kondisi sebenarnya di lapangan," ungkap Aher kepada wartawan di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, sebelum berangkat.

Kunker dilaksanakan di Kabupaten Bandung, Garut, Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Sasaran peninjauan meliputi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, infrastruktur, dan pariwisata.

Kukurusukan pertama digelar di Balai Pengembangan Benih Kentang, Dinas Pertanian Tanaman Pangan di Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Gubernur Aher yang didampingi Kapolda Jabar Irjen Mochammad Iriawan dan para kepada dinas terkait tiba di balai benih sekitar pukul 09:20 WIB.

Diterima Kepala Balai Pengembangan Benih Kentang Iwan Jauhari, Gubernur Aher meninjau laboratorium kultur jaringan, green house penyemaian, dan gudang pemrosesan calon benih.

Aher kepada kepala dan tim ahli balai bertanya seputar proses produksi benih kentang. "Prinsipnya, kita perlu berusaha sekuat tenaga agar kebutuhan benih kentang unggul para petani dapat dipenuhi," tandasnya.

Gubernur menegaskan ketersediaan benih kentang unggul berpengaruh pada pendapatan dan kesejahteraan petani. Aher lalu meminta kepada jajaran balai untuk bekerja keras agar target produksi benih tercapai.

Menjawab Gubernur, Iwan mengatakan pihak juga secara kontinyu melakukan pelatihan dan penyuluhan kepada petani kentang agar produktivitasnya optimal. "Hasil panen tentu dipengaruhi pada ketepatan budidaya. Karenanya, balai senantiasa membina para petani," tuturnya.

Usai di Balai Pengembangan Benih Kentang, Gubernur Jabar dan rombongan melanjutkan kunker ke Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sumber ( http://www.jabarprov.go.id )

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter