BANDUNG-Gubernur Heryawan ajak semua ummat Islam untuk membiasakan membaca Al Qur'an Satu Juz per-hari. Jadi kalau ini terbiasa, maka dalam satu bulan kita bisa menamatkan al qur'an sebanyak 30 Juz.

"Ajakan Heryawan itu, ia sandarkan pada ketentuan, bahwa membaca Al Qur'an itu bagian dari kewajiban, selain  bagian dari mengimani Al Qur'an, dan bagian dari menghafalkan dan mengamalkan isinya. 

Hal demikian dikemukakan Gubernur Heryawan, Senin (3/2) saat memberikan sambutan dalam acara "Meningkatkan Minat Baca Al Qur'an Bagi Siswa-Siswi di Jawa Barat, bertempat di Halaman SMA 3 dan 5 Bandung.

Menurut Gubernur Heryawan, menghafal Al Qur'an itu hukumnya fardhu kifayah, namun bukan fardhu a'in. Sebab menurutnya, akan berbahaya kalau sampai tidak ada orang yang mampu menghafal Al Qur'an.

"Rosul SAW bersabda : "Seseorang yang dalam dadanya tidak ada sedikitpun hafalan Al Qur'an, maka ia bagaikan rumah yang rongsok". Kan kita paling tidak hafal Surat Al Fathihah", atau Surat Al Ikhlas, kata Gubernur seraya disambut hadirin karena senangnya.

Kemudian Gubernur menegaskan kembali hadits Nabi SAW tentang "hati tidak akan kering, apabila akrab dengan Al Qur'an. "Hati seseorang tidak akan kering, apabila kita akrab dengan bacaan Al Qur'an, apalagi menghafalnya". Oleh karena itu Gubernur Heryawan mengajak ummat Islam untuk membiasakan membaca Al Qur'an, semisal, membacanya pada malam Jum'at dengan membaca Yasin dan atau membacanya satu juz dalam satu malam.

Kegiatan Minat Baca Al Qur'an di Lingkungan Siswa-Siswi di Jabar ini, dipandu oleh Udztad Yusuf Manshur yang sekaligus sebagai penceramah. Kegiatan ini diikuti pula oleh para siswa-siswi SMA di 14 tempat di di Kab/Ko se-Jabar melalui Video Conference. Sumber ( http://www.jabarprov.go.id )

MyLiveChat

Berita Foto

OL From Cianjur

Penerimaan Obsevasi Lapangan (OL) Peserta Diklat ...

Pameran Inovasi ...

Pembukaan Diklat ...

Pembukaan dan pengarahan Diklat Prajab Golongan ...

Follow Badiklatda on Twitter